Bahaya Makan Mie Dan Nasi Secara Bersamaan

Mungkin anda binggung kenapa kalau makan mie ditambah nasi secara bersamaan itu berbahaya? Sebenarnya untuk makan satu kali tidak masalah buat anda tapi jika anda melakukan hal ini terus menerus secara berkepanjangan maka itu bisa menjadi bahaya bagi tubuh anda. Anda perlu tau bahayanya itu dimana dan berikut adalah faktor bahayanya..


Bahaya Makan Mie Pakai Nasi

1. Kecukupan Gizi
Makan nasi dan mie secara bersamaan sebenarnya pola makan seperti ini banyak kita jumpai dimasyarakat kita ini. Contoh lainnya nasi campur, pada nasi campur itu lauknya itu mie (karbohidrat), keripik kentang (karbohidrat), perkedel kentang (karbohidrat), dan kerupuk (karbohidrat). Kalau semuanya itu karbohidrat maka anda akan mengalami defisiensi atau kekurangan zat-zat yang tubuh anda butuhkan contohnya seperti protein. Kalau anda kekurangan zat protein maka perkembangan sel-sel anda akan terhambat. Jadi tubuh anda selain butuh Karbohidrat sebagai sumber energi, Protein, dan juga Lemak untuk membuat hormon didalam tubuh anda. Kemudian anda tubuh anda juga butuh zat-zat mikro lainnya seperti Vitamin(A,B,C,D,E,K) , Mineral, Zat  Besi, Kalsium dan Phytonutrisi. Dari segi kalori, nasi seukuran nasi padang misalnya nasinya saja itu sekitar 400 kalori sedangkan mie kurang lebih sekitar 350-400 kalori. Dari nasi dan mie saja sudah 700-800 itu untuk sekali makan, memang kalau anda 3 kali makan seperti ini kalori anda sudah cukup tetapi nutrisi lainnya anda tidak tercukupi.

2. Olahraga
Jika pola makan anda seperti ini secara terus menerus dan dalam jumlah yang lebih besar dan tidak di dukung oleh olahraga bisa menyebabkan Obesitas (kegemukan). Kenapa masyarakat kita banyak sekali yang akhirnya kearah obesitas karena pola makannya seperti ini. Jika lingkar perut anda untuk Pria diatas 90cm itu sudah bahaya jadi cenderung akan mengalami penyakit selanjutnya seperti diabetes atau resiko penyakit jantung dan untuk Wanita lingkar perut diatas 80cm sudah harus hati-hati dan anda sebaiknya rubah pola makan anda dan segera berolahraga.

Selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah karbohidrat jenis nasi dan mie tadi kalau kita makan itu sangat cepat dirubah menjadi gula dan gula ini diserap oleh usus anda yang akan dicerna menjadi gula atau amilum yang ada didalam darah anda setelah itu pankreas akan menghasilkan suatu hormon yang disebut hormon Insulin. Tugas hormon insulin adalah untuk membawa gula kedalam sel tubuh anda, jika tidak ada hormon insulin maka gula tidak akan bisa masuk ke sel tubuh anda. Apa yang terjadi lama kelamaan apabila apabila anda mengkonsumsi karbohidrat yang cepat sekali dirubah menjadi gula? Akhirnya sel ini akan resistant terhadap insulin tadi kalau sel ini resistant terhadap hormon insulin tadi maka anda akan mengalami penyakit diabetes. Dan pankreas jika dipaksakan terus menerus karena anda mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat maka akan mengalami kelelahan dan bahkan kerusakan. 

Cobalah anda berusaha mengganti pola makan anda jika pola makan anda seperti ini. Jika pola makan anda baik adanya dengan semua aspeknya dan kebutuhan zat-zat yang penting bagi tubuh anda maka angka kecukupan gizi anda akan lengkap.

Comments