6 Penyebab Umum Sakit Kepala

Apa yang anda lakukan pertama kali yang terpikirkan dalam benak anda jika anda sakit kepala? Tentu saja anda pastinya mencari obat sakit kepala. Rata-rata orang diseluruh dunia pastinya melakukan hal yang sama. Yang harus anda ketahui bahwa obat sakit kepala itu hanya untuk meredakan nyeri kepala anda sementara, tapi anda perlu ketahui penyebabnya. Jika tidak, mungkin saja anda hari minum obat dan anda sembuh tapi keesokan harinya atau satu minggu kemudian anda mengulangi penyebabnya anda akan mengalami sakit kepala lagi dan jika anda mengkonsumsi obat terus menerus maka yang di takutkan adalah efek samping dari obat tersebut. Mari kita bahas satu persatu..

Penyebab Sakit Kepala Dan Cara Mengobati Sakit Kepala

1. Kurang Tidur
Mungkin ada yang suka begadang atau bagi anda yang kurang tidur, pada saat kita tidur tubuh melakukan recovery, saat stress seharian tubuh banyak mengalami yang namanya kerusakan. Jadi saat tidur tubuh anda akan melakukan Recovery (Perbaikan) begitu pula dengan otak anda. Di otak manusia terdapat yang namanya Neuron atau saraf-saraf pada Cerebral Cortex itu akan di pulihkan kembali dengan sendirinya saat tidur. Jadi bukan berarti saat anda makan dipulihkan tetapi pada saat anda tidur. Makanan itu hanya mengisi nutrisi bagi perbaikan otak dan tubuh anda tapi proses perbaikannya adalah di saat anda tidur.

2. Stress
Semua orang didunia ini pasti mengalami yang namanya stress. Bukan seberapa besar stress yang anda hadapi tapi bagaimana caranya anda memanajemen stress anda dan merespon stress ini. Sakit kepala yang dihasilkan oleh stress paling banyak adalah TTH (Tension Type Headache), jadi tipe sakit kepala seperti ini itu mungkin beberapa dari anda pernah merasakan yaitu dari kepala bagian belakang sampai ke pundak leher itu kaku semua. Jika terjadi seperti ini ototnya terlalu tegang otomatis pembulu darah dan syaraf disitu akan tertekan, banyak dari mereka akhirnya mencari obat untuk relaksasi yang sebenarnya penyebab utama mengalaminya adalah karena stress itu sendiri.

3. Dehidrasi
Apa hubungannya ya dehidrasi dengan sakit kepala? Tubuh kita sebagai manusia itu (±) 70% terdiri dari cairan. Jadi air di dalam tubuh kita itu sangat berperan penting untuk melancarkan sirkulasi dan metabolisme di dalam tubuh. Jika anda kekurangan cairan maka sirkulasi dan metabolisme dalam tubuh anda akan terganggu begitu pula dengan peredaran nutrisi dan peredaran oksigen ke otak anda. Jika peredaran terganggu maka otak anda yang membutuhkan suplai oksigen dan nutrisi tadi akan mengalami gangguan. Jadi ingat tubuh anda membutuhkan cairan.

4. Pilek
Mereka yang pilek akan mengalami sakit kepala, kenapa ? Karena biasanya pilek paling banyak disebabkan oleh infeksi virus yang akan menyebabkan peradangan. Jika tubuh mengalami peradangan biasanya akan mengalami sakit semua di sendi termasuk di kepala anda. Jika hal ini terjadi maka yang anda butuhkan adalah beristirahat lebih banyak  dan konsumsi lebih banyak air putih dan vitamin C.

5. Sakit Gigi
Jadi sakit gigi sangat erat dengan hubungan dengan sakit kepala, kenapa ? Karena sangat dekat posisinya dan syarafnya saling terhubung. Banyak orang di Indonesia bahkan di seluruh dunia sangat malas untuk kontrol giginya dan menjaga kebersihan gigi mereka akhirnya sampai berlubang. Anda bisa kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali dan anda juga harus berusaha untuk menjaga kebersihan mulut anda dan dengan melakukan itu anda dapat mengurangi resiko terjadinya gigi berlubang.

6. Mengkonsumsi Makanan/Minuman Dingin Terlalu Cepat
Mengkonsumsi makanan atau minuman dingin dan masuk dalam tubuh suhunya akan kembali normal seperti tubuh kita tapi ingat tubuh harus memecah ATP (Adenosin Trifosfat) untuk mengahasilkan energi sehingga bisa menormalkan kembali suhu yang terlalu dingin tadi dan itu membutuhkan waktu. Jika anda mengkonsumsinya dengan terlalu cepat maka akan mengganggu sistem tubuh dan syaraf-syaraf anda. Jika anda sering melakukan ini otomatis tidak baik juga bagi tubuh anda.

Ketahuilah penyebab anda kenapa sampai sakit kepala bukan berarti begitu anda sakit kepala anda langsung mencari obat. Berusahalah supaya anda semua dapat mengkonsumsi obat dengan bijak dan anda dapat mengetahui penyebab kenapa anda bisa sakit kepala. Dan saya doakan semoga anda selalu tetap sehat.

Comments