Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas


https://ridwanaditya19.blogspot.com/2018/07/cara-ampuh-menghilangkan-rasa-malas.htm

Kali ini kita akan membahas sebuah problem yang di hinggapi oleh jutaan bahkan milyaran orang di dunia yaitu tentang ‘MALAS’. Jadi topik kita kali ini adalah cara mengatasi rasa malas. Sebelum topik ini dibahas lebih lanjut, apakah anda sendiri adalah orang yang pernah dihinggapi rasa malas? Atau jangan-jangan anda adalah seorang yang pemalas? Sering dengar kata-kata sepeti ini? Tidak enak bukan kalau kita diolok-olok atau kita dituding seperti ini. Nah sekarang pertanyaan nya adalah anda harus tau dulu definisi Rasa Malas itu apa? Dan kenapa rasa malas itu bisa menghinggapi diri kita? Nah disini Malas itu adalah sesuatu yang wajar, malas itu sesuatu cara kerja otak atau mainset karena mainset ini kalau kita belajar dari guru motivator dunia Antoni Robins, ia berkata bahwa manusia akan Moving Forward atau manusia akan bergerak maju kalau ada 2 point yaitu Gain Pleasure dan Avoid Pain. Gain Pleasure ini adalah manusia akan bergerak maju kalau ada sesuatu yang merangsang dia dan menyenangkan dia dan akhirnya membuat dia keluar dari rasa malasnya. Dan Avoid Pain yaitu menghindari rasa sakit atau menghindari hukuman (punishment) makanya akan membuat manusia terpaksa dia keluar dari rasa malasnya. Kalau anda tidak punya 2 point ini, besar kemungkinan anda akan atau sudah dihinggapi rasa malas dan celakanya banyak orang pemalas tidak sadar kalau dirinya adalah seorang pemalas. Disini saya akan membahas seperti judul diawal yaitu cara mengatasi rasa malas.
  • Membuat Target (Goals) Yang Jelas
Kalau anda mempunyai target yang jelas niscaya anda akan tidak punya rasa malas. Sebagai contoh : Misalnya anda tahun ini mau membeli motor dan anda membuat resolusi, maka anda pasti akan bekerja keras dan berjuang mati-matian untuk bisa punya motor. Itulah cara kerja otak manusia ketika anda punya target anda sedang dirangsang. Secara tidak sadar pikiran bawah alam sadar merekam bahwa anda memiliki target. Intinya ada harus buat target yang jelas niscaya rasa malas anda akan hilang besar kemungkinan anda malas karena tidak punya target.
  • Punishment (Hukuman)
Nah misalkan hari ini anda gak punya orang tua yang mensupport kondisi finansial anda dan anda gak punya orang tua yang menghidupi anda, akhirnya mau gak mau anda mem-punish diri sendiri, kalau saya tidak bekerja gak makan dan hidup jadi mungkin anda harus terpaksa bekerja.Intinya anda akan keluar dari rasa malas karena rasa malas tidak membuat perut anda kenyang.  Intinya rasa malas bukan sebuah solusi. Jadi anda malas sebenarnya karena kurang punishment.
  • Adanya Reward (Hadiah)
Biasanya manusia akan tergerak kalau ada hadiahnya. Nah ketika ada sebuah reward akhirnya ada mau belajar. Sering kali anda mungkin reward nya kuramg jelas, kalau anda bekerja rewardnya tidak jelas besar kemungkinan anda akan malas, anda tidak akan melakukan sesuatu kegiatan yang intinya mau membuat anda tergerak. Dan jika rewardnya jelas maka anda mati-matian dan anda akan menstimulasi otak bagaimana supaya anda bisa keluar dari zona nyaman anda atau zona malas, akhirnya anda akan mendapatkan sesuatu yang baru. 

Oleh sebab itu saya yakin dengan cara diatas niscaya tidak menjamin anda keluar dari rasa malas anda tetapi kalau anda bisa bisa menemukan point diatas mulai dari target yang jelas, punishment, dan juga reward saya yakin rasa malas anda akan jauh berkurang.



Comments