5 Penyebab Insomnia Yang Perlu Anda Hindari

Penyebab Insomnia Dan Cara Mengatasinya
  • Faktor Lingkungan
1. Kamar Tidur
Yang perlu anda perhatikan adalah lingkungan disekitar anda dimana anda tidur,mungkin kamar anda berantakan atau kamar anda kotor sekali. Jadi saat kamar anda berantakan dan kotor tentu membuat anda tidak nyaman tidur di dalamnya, jadi anda harus membersihkan dan menata kamar anda dengan rapi.

2. Tidak Menggunakan Handphone 1 Jam Sebelum Tidur
Biasanya kalau anda melihat handphone apa sih yang anda lihat? Paling banyak media social ntah itu facebook, instagram, dsb. Atau mungkin kemudian anda membaca berita-berita tentang kekerasan dan perdebatan politik, itu akan membuat anda tambah susah untuk tidur karena otak anda akan di rangsang terus untuk berpikir.

3. Kamar Tidur Terlalu Terang
Mungkin banyak orang bilang takut gelap atau tidak bisa tidur jika lampu dalam keadaan padam. Saat anda tidur dengan lampu kamar yang masih terang dan menyala, itu tidak baik bagi kualitas tidur anda. Jadi anda harus mematikan lampu anda atau menggunakan lampu tidur yang kecil dan tidak terlalu terang.

4. Menonton Televisi Sebelum Tidur
Banyak orang yang sebelum tidur di temani oleh televisi ini juga tidak baik untuk anda karena televisi biasanya menayangkan yang tidak semuanya baik,contohnya berita menanyangkan tentang kasus kekerasan, pembunuhan, dsb itu tidak baik buat otak anda. Terutama anak-anak anda jangan dibiasakan mereka untuk menonton televisi sebelum tidur dan tidur ditemani televisi karena itu tidak baik bagi alam bawah sadar mereka.

  • Konsumsi Obat-Obatan
Beberapa obat menyebabkan anda sulit tidur dimalam hari, contoh seperti obat asma, obat darah tinggi dan obat-obatan lainnya. Jadi lebih baik anda mengubah pola hidup anda lebih sehat seperti berolahraga, makan makanan yang bergizi dengan mengubah itu semua anda menjadi lebih baik dan anda bisa mengurangi dosis obat-obatan yang diberikan.

  • Pola Hidup
1. Begadang
Tidur dipagi hari sampai sore hari dan malam begadang, mengerjakan tugas dimalam hari jika anda memang harus mengerjakan sesuatu dimalam hari karena kerjaan anda itu tidak bisa disalahkan dan memaksa anda untuk kembali ke normal tapi jika anda bisa mengubahnya sebaiknya anda mengurangi tidur di pasgi sampai sore hari dan anda berusaha tidur dimalam hari karena kita sebagai manusia alamiahnya itu tidur dimalam hari.

2. Makan Terlalu Kenyang Sebelum Tidur
Jadi pola hidup yang kedua ini adalah pola hidup makan terlalu kenyang sebelum tidur, akhirnya pada saat dalam posisi berbaring itu tidak enak. Terutama bagi mereka yang memiliki masalah dengan gangguan pencernaan maka anda tidak boleh makan sebelum tidur apalagi sampai terlalu kenyang.

3. Mengkonsumsi Makanan/Minuman Yang Mengandung Tinggi Kafein
Disini banyak mungkin,pergi minum ngopi saat malam hari dan pemilihan kopinya juga agak tinggi kadar kafeinnya akhirnya sampai dirumah tidak bisa tidur.

4. Merokok
Banyak orang yang malam hari masih merokok dan akhirnya otak mereka tetap terjaga sampai malam hari ini juga tidak baik buat anda.

  • Stress
Setiap orang di Indonesia maupun di dunia pasti menghadapi yang namanya stress, tetapi bukan seberapa besar stress yang anda hadapi tapi bagaimana caranya anda merespon stress ini dan memanajemen stress anda itu jauh lebih penting. Stress ini juga selain mengganggu pola tidur anda, stress juga dapat mengganggu kesehatan anda. 

  • Masalah Kesehatan
Orang-orang yang sering bermasalah dengan kesehatan mereka cenderung sulit untuk tidur. Beberapa penyakit yang membuat anda sulit tidur contohnya menderita nyeri kronis, gangguan pernafasan, gangguan jantung, masalah persendian, gangguan hormonal, diabetes, stroke.

Sekian sharing saya tentang faktor yang menyebabkan anda susah tidur dimalam hari, semoga anda dapat mengerti dan dapat memperbaiki hidup anda saya doakan anda semua dapat sehat selalu. Berusahalah untuk memperbaiki pola hidup anda menjadi lebih baik.

Comments